28/10/11

Dibalik Kasus Yue Yue. Moralitas dan Kemanusiaan


20.47 | ,


Beberapa waktu lalu santer terdengar kabar seorang bocah (yue yue) malang terbaring kesakitan ditengah keramaian. mungkin sudah terlambat untuk membahas masalah ini, namun tidak ada salahnya singa senja mencoba menguak seperti apa budaya di china. Apakah terletak dikepercayaan,moralitas atau memang sudah tidak ada lagi rasa kemanusiaan dinegara yang memiliki jumlah penduduk terpadat didunia itu.

Setelah SS (Singa Senja) kesana kemari mengintrogasi beberapa blog dan situs yang SS jumpai, ternyata ini bukan satu-satunya, beberapa kasus serupa juga terjadi dinegara ini.

Beberapa tahun lalu tepatnya 26 november 2006, Seorang wanita di Nanjing, Jiangsu, yang menderita patah tulang akibat terjatuh dari stasiun bus berhasil menggugat Peng Yu yang mengklaim bahwa dia telah sukarela menolong wanita itu. Meski tidak memiliki bukti yang cukup dari saksi dan rekonstruksi TKP tapi pengadilan setempat memutuskan Peng bersalah dan di denda 45.000 yuan.
Paradigma itu mungkin telah melekat dinegara itu, bukan tidak mungkin sang korban memanfaatkan keadaan untuk melakukan pemerasan.

Menurut sebuah jajak pendapat oleh website Harian Rakyat, people.com.cn.  87 persen dari 2.425 peserta tidak akan menawarkan bantuan jika mereka menemukan orang tua yang telah jatuh karena takut pemerasan, dan hanya 13 persen mengatakan mereka akan bersedia untuk menawarkan bantuan.

Sebuah opini di Global Times (21/10) mengatakan, insiden Yue Yue telah mengungkap "sisi gelap" masyarakat China. Namun, penulisnya tidak setuju jika harus ada hukuman bagi orang-orang yang gagal membantu korban.

"Lebih pantas untuk melembagakan sistem pemberian penghargaan kepada orang-orang yang menolong ketimbang menjatuhkan hukuman kepada orang yang tidak (memberi pertolongan). Peristiwa Yue Yue mengingatkan kita pada posisi China di tangga perkembangan moral," demikian opini si penulis.

Kini bocah malang itu telah tiada. Semoga penderitaan yang ia rasakan juga memberi tamparan keras untuk membangun kembali moralitas dan kemanusiaan yang sempat tertidur.




Bagaimana pendapat teman-teman!!!


0 komentar: