04/11/11

Belajarlah Dari AIR


07.35 |


Air merupakan benda mati yang sangat dibutuhkan bagi manusia, tumbuhan dan hewan. Air bisa dikatakan sebagai sumber kehidupan. Banyak manfaat yang diberikan air untuk makhluk hidup. Di sini akan dijelaskan fungsi-fungsi penting air dalam kehidupan.

  • Air memiliki sifat bening dan jernih. Bening dan jernih merupakan ciri khas air yang masih alami. Kejernihan hati dalam memahami sesuati mutlak diperlukan untuk menghasilkan pemahaman yang sempurna. Sebagaimana air yang bening, hati yang bening akan lebih mudah menerima pelajaran. Tidak memandang siapa yang menyampaikan, apa yang disampaikan, dan bagaimana cara menyampaikan, karena pada dasarnya seluruhnya akan memberikan sesuatu akibat baik dan buruk. Oleh karena itu segala sesuatu tinggal bagaimana kita menerima, memahami, dan mengaktualisasikan.
  • Air dapat menyuburkan tanah, sehingga tanaman dapat tumbuh dan menghasilkan buah yang bermanfaat bagi manusia. Dalam hidup jangan hanya asal hidup saja atau istilahnya “waton urup”. Tapi hidup harus “migunani” atau berguna. Sebagaimana dalam hadits diriwayatkan bahwa “sebaik-baik manusia adalah yang berguna bagi orang lain”.
  • Air jika dimasukkan ke dalam gelas bentuknya seperti gelas, jika dituang kedalam mangkuk bentuknya seperti mangkuk. Hal ini karena sifat air yang fleksibel dan luwes. Dalam hidup kita harus luwes dan mampu menempatkan diri dengan lingkungan sekitar. Baik dalam ucapan maupun tindakan.
  • Air secara alami selalu mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Dalam hidup kita jangan sampai menjadi orang yang sok atau kemaki. Jangan pernah memandang rendah sesuatu karena biasanya hal ini akan menyebabkan hati akan tertutup. Apalagi memandang rendah orang lain. Meski kita termasuk orang yang terpandang, tapi kita jangan hanya bergaul dengan orang yang setingkat dengan kita. Jangan malu atau gengsi silaturahmi atau bergaul dengan orang yang tingkatannya lebih rendah dari kita.
  • Air akan terus mengalir dan akan berhenti sampai tempat paling rendah yang ditemui. Hidup adalah untuk belajar. Karena belajar menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang sejak lahir hingga mati. Karena itu motifasi untuk belajar memiliki peranan penting dalam keberhasilan belajar. Dengan motivasi itu kita tidak akan pernah bosan untuk belajar, belajar dan belajar. Sebab kalau seseorang sudah termotivasi untuk belajar, dia akan haus akan ilmu. Padahal Ilmu Allah tidak akan habis walau ditulis dengan pena sebanyak pepohonan dan tinta sebanyak air laut. Oleh karena itu, jadilah orang yang harus selalu berkembang. Jangan sampai kita menjadi orang yang tidak tahu apa-apa.(sumber)


0 komentar: